Desa Kutamandiri, Wakil dari Kecamatan Tanjungsari dalam Bulan Bakti Gotong Royong Tahun 2022 - DESA KUTAMANDIRI

Desa Kutamandiri ditunjuk sebagai wakil dari kecamatan Tanjungsari sebagai Desa yang akan di berikan penilaian dalam 5 bidang katogeri yang di lombakan dalam program Bulan Bakti Gotong Royong Th 2022 tingkat Kabupaten Sumedang. Bertempat di aula desa Kutamandiri, pada tgl 13 Juni 2022, tim penilai tingkat Kabupaten di sambut oleh pemerintah Desa beserta lembaga lembaga desa, Babinsa ,Babinmas, forkopincam Tanjungsari dan warga masyarakat, murid sekolah Dasar dan juga murid murid SLTA,SLTP, MTs, MA Yayasan Al Irfan. Tim penilai dalam ajang lomba BBGRM tingkat kabupaten terdiri dari 9 orang yang mewakili Dinas-dinas terkait di kabupaten Sumedang.

5 bidang penilaian yaitu Bidang Kemasyarakatan, bidang sosial budaya, bidang ekonomi, bidang agama dan konvergensi Stanting. Unsur pembina dan penilai dari Dinas DPMD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Dinas satuan Pol PP dan Damkar, unsur bagian Kesra dan Sekda Kab Sumedang serta kordinator PPJ dan TA P3MD kabupaten.

Dalam sambutannya, Camat Tanjungsari, Ibu Dra Ida Farida menyampaikan Gotong Royong yang adalah budaya leluhur harus terus di pertahankan, agar jiwa yang tertanam dalam Pancasila sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia akan terus terjaga dan kebersamaan dalam ke gotong royongan akan memberi dampak sosial masyarakat yang saling menjaga.

Kepala Desa Kutamandiri Agustina dalam sambutan nya memaparkan 5 bidang penilaian sudah di lakukan sebagai rutinitas di Desa Kutamandiri, kegotong royongan warga masyarakat Kutamandiri dalam hal kebersihan, kesehatan, keagamaan dan sosial budaya masih di lakukan utama nya dalam hal pertanian dan penangulangan kebencanaalaman. Semoga dengan ada nya BBGRM Kutamandiri makin termotivasi dalam hal kebersamaan, swadaya dan silaturahmi dalam wadah gotong royong warga.

umedang Melesat menuju Sumedang Simpati 2023 menjadi arah kebijakan sebagai visi dan misi kabupaten Sumedang, Kutamandiri Unggul siap mengikuti. Ketua LPM sebagai Pelaksana kegiatan menyampaikan paparan mengenai kegiatan warga dalam hal kebersamaan swadaya dalam perbaikan sarana umum, seperti jalan antar dusun, jembatan, sarana ibadah, saluran irigasi dan hal hal yang berhubungan dengan kegotongroyongan.

Kegiatan penilaian ini selain 5 bidang di atas , ada unsur konverhensi mengenai stanting dan juga peran serta Desa dalam 4 hal sebagai indikator kinerja dalam sakip desa, yaitu penurunan angka kemiskinan, pemurunan angka stanting, naik nya indek Desa Membangun dan naik nya kepuasan masyarakat atau publik. Keamanan dan ketertiban pun di jadikan bahan penilaian dalam BBGRM Th 2022 ini.