CARA TERHINDAR DARI HOAX - DESA KUTAMANDIRI

 

Penyebaran informasi yang semakin mudah menjadikan tidak adanya batasan informasi yang masuk dan diterima oleh masyarakat. Hal ini tentunya memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. dampak positifnya, informasi dapat dengan mudah diterima olhe masyarakat dan dampak negatifnya yaitu masyarakat mudah terkena hoax. Adapun cara-cara terhindar dari hoax yaitu sebagai berikut:

  1. Cek Keaslian Berita

Ketika kita mendapati judul berita yang memancing penasaran atau clickbait, pastikan berita tersebut jelas sumber informasinya.

  1. Perhatikan Tanggal

Terkadang ada pihak yang tidak bertanggung jawab mengunggah kembali berita lama yang menggetarkan masyarakat tanpa bertanggungjawab. Hal ini dilakukan agar “viral”. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang bijak kita harus memperhatikan tanggal berita tersebut diunggah.

  1. Cek melalu Cek Fakta

Situs Cek Fakta menyediakan informasi terkait berita-berita hoax yang pernah tersebar.

  1. Laporkan

Apabila kita mendapati berita hoax, dapat disampaikan ke Kementerian dan Informatika dengan cara melakukan screen capture (screenshot) disertai url link berita tersebut, lalu kirimkan ke aduankonten@mai.kominfo.go.id.

Sekian cara-cara untuk terhindar dari hoax, mari wujudkan masyarakat yang bijak dalam menerima informasi.

 

Oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021/2022